Sabtu, 29 September 2012

TORCH Penyakit Yang Perlu Diwaspadai


APAKAH TORCH ?
TORCH adalah kumpulan penyakit akibat terinfeksi parasit atau virus : Toxoplasma Gondii, Virus Rubella, Cytomegallo virus, dan Herves Siplex I dan II. Keempat kelompok penyakit ini sebenarnya tidak begitu berbahaya bagi manusia sehat dengan kekebalan tubuh yang normal, tetapi sangat berbahaya bagi ibu hamil bila terinfeksi penyakit ini karena dapat menimbulkan abortus, lahir mati atau cacat.

TOKSOPLASMOSIS
Penyakit toksoplasmosis terjadi akibat terinfeksi parasit Toxoplasma Gondii. Hospes definitif parasit ini adalah kucing dan kucing sakit akan mengeluarkan banyak sekali ookista dalam tinja, yang tetap bisa menularkan penyakit setelah berbulan-bulan bila tidak terkena sinar matahari, sedang hospes perantara adalah sapi, ayam, kambing, babi. Parasit umumnya terdapat dalam bentuk kista di organ tubuh hewan perantara tadi
Manusia bisa terinfeksi parasit ini bila makan daging kurang matang yang tercemar parasit. Sayur dan buah-buahan yang tercemar juga dapat menularkan penyakit bila tidak dicuci terlebih dahulu. Maka penting sekali pola hidup bersih untuk menghindar dari penyakit ini.
Infeksi gejala ini sulit diketahui karena gejala yang ringan, tetapi akan mudah didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan darah, apakah seseorang bebas penyakit, sedang terinfeksi atau sudah kebal terhadap Toksoplasmosis. Selain dapat dihindari, penyakit ini masih dapat diobati walaupun vaksinasi belum tersedia.

RUBELLA
Rubella dalam istilah awam disebut Campak Jerman ( German measles ) dan harus dibedakan dengan Rubeola ( Measles, campak biasa ). Penyakit ini didahului dengan demam ringan dan bercak kemerahan kulit yang kemudian akan menghilang sendiri. Wanita hamil mudah terinfeksi dan umumnya akan menyebabkan abosrtus. Virussering menyerang mata, jantung, saraf pusat dan saraf pendengaran.
Walaupun penyakit ini sulit dihindari dan tidak ada obat yang spesifik tapi diagnosis penyakit dapat dilakukan melalui pemeriksaan darah. Hasil dari pemeriksaan darah diketahui apakah seseorang sedang terinfeksi, bebas penyakit atau kebal.

CYTOMEGALO VIRUS
Penyakit ini sering mengenai balita dan usia dewasa. Infeksi virus dapat ditularkan melalui air liur, dahak, transfusi darah dan hubungan seksual. Infeksi pada janin sering mengenai hati dan limpa sehingga tibul kekuningan pada tubuh ( ikterus ).
Cacat lain yang sering diderita bayi adalah anemia, gannguan pendengaran dan keterbelakangan mental. Diagnosis penyakit melalui fisik sulit dilakukan tetapi pemeriksaan darah dapat menilai apakah seseorang sedang sakit atau telah kebal.
Belum ada pengobatan yang spesifik dan belum ada vaksin yang dapat digunakan sebagai pencegahan.

HERPES SIMPLEX
Terdapat dua tipe virus Herpes Simplex (HSV) yaitu HSV 1 dan HSV 2. Virus HSV 1 menyebabakan kelainan pada mukosa mulut, mata dan genital sedangkan HSV 2 menimbulkan kelainan berupa luka mirip sariawan sekitar kemaluan yang terasa pedih. Penularan terjadi akibat kontak seksual dengan penderita yang masih mengandung lesi.
Karena luka yang terletak pada jalan lahir maka bayi yang dilahirkan akan mudah terinfeksi pada saat kelahiran. Penting mengetahui kemungkinan infeksi ini agar si bayi dapat dilahirkan tidak melalui jalan lahir biasa tapi dengan tindakan operasi.
Diagnosis mudah dilakukan dengan pemeriksaan darah, apakah seseorang bebas penyakit, sedang sakit atau telah kebal. Pengobatan sulit dilakukan dan belum ada vaksin untuk pencegahan.

1 komentar:

  1. Obat Herba Khusus Penyakit TORCH.
    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 275.000,- (60 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

    BalasHapus